KEBIASAAN SARAPAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD DI KOTA BOGOR TAHUN 2013
Sari
Salah satu permasalahan gizi anak Indonesia adalah kebiasaan sarapan yang kurang baik. Masih banyak anak Indonesia yang tidak sarapan atau sarapan dengan kualitas gizi rendah. Sarapan memiliki manfaat dalam mendukung status gizi maupun prestasi belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kaitan antara kebiasaan sarapan, status gizi, dan prestasi belajar pada anak sekolah dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian observasional analitik dengan menggunakan desain studi cross sectional.Sampel penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 5 di 2 Sekolah Dasar swasta favorit yang ada di Kota Bogor, yaitu SD Bina Insani dan SD Insan Kamil sebanyak 108 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah memiliki kebiasaan sarapan yang baik. Sebanyak 62.0% siswa selalu sarapan setiap paginya. Kebiasaan sarapan ini tidak berhubungan dengan prestasi belajar siswa (p value = 0.673). Rata-rata nilai siswa yang selalu sarapan lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang sarapannya kadangn-kadang. Namun, kebiasaan sarapan berhubungan dengan status gizi siswa (p=0.047). Siswa yang selalu sarapan cenderung lebih banyak yang gemuk daripada yang status gizinya normal.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.37160/bmi.v14i2.209
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
MEDIA INFORMASI (ISSN : 2086-3292 dan eISSN : 2655-9900) di publikasikan oleh Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya , Jln. Cilolohan No. 35, Kel.Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat 46115, Indonesia, Telp.(0265) 340186 Fax.(0265) 338939
Public Services :
Email : penelitian@poltekkestasikmalaya.ac.id
Media Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Visitor :