Media Informasi

Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Media Informasi?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PADUAN BUAT PENULIS

MEDIA INFORMASI

POLTEKKES KEMENKES TASIKMALAYA

 

 

  1. Tujuan dari Media Informasi adalah untuk menerbitkan penelitian asli, pemikiran, sudut pandang, dan penyebaran pengetahuan kesehatan terutama dalam bidang keilmuan Keperawatan, Kebidanan, Keperawatan Gigi, Gizi, Rekam medis, dan Farmasi.
  2. Penulis disyaratkan untuk mengisi surat penyataan penulis saat mengirimkan artikel kepada Media Informasi.
  3. Naskah untuk Media Informasi sangat direkomendasikan untuk dikirim online dengan mendaftar di situs web Media Online (http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/BMI/index). Jika Anda memiliki masalah dengan pengiriman online, Artikel dapat dikirim ke email Media Informasi (bmi.poltekkestasik@gmail.com).
  4. Naskah harus ditulis oleh penulis dengan mencantumkan nama lengkap tanpa gelar, dengan mencantumkan afiliasi lengkap tanpa jabatan (mis : mahasiswa, dosen, alumni dll). Lebih disukai dari berbagai institusi dan negara.
  5. Jenis naskah harus berupa hasil penelitian (artikel penelitian) atau hasil ulasan (review artikel).
  6. Naskah yang dikirimkan belum dipublikasikan atau sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di penerbit lain. Penulis harus menyertakan Surat Pernyataan Keaslian Tulisan dalam proses pengiriman artikel.
  7. Naskah ditulis menggunakan format kertas A4 mengunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar antara 8 sampai 12 halaman.
  8. Judul naskah ditulis dalam bahasa Inggris (Arial, ukuran 14, tebal) dan Bahasa Indonesia (Arial, ukuran 14, tebal, center).
  9. Nama penulis (tanpa gelar) harus ditulis dengan nama lengkap dan afiliasi (lokasi spesifik, departemen, nama lembaga, jalan, kota, dan negara), dan email masing-masing penulis. Salah satu penulis bertindak sebagai penulis korespondensi.
  10. Abstrak dalam bentuk satu paragraf, terdiri dari maksimum 200 kata (bahasa Indonesia), dan maksimum 250 kata (bahasa Inggris). Abstrak menggunakan Arial, ukuran 10. Abstrak adalah ringkasan singkat dari penelitian atau review Anda. Ini harus dengan jelas menyatakan masalah latar belakang, tujuan penelitian, metode pendek, hasil / temuan utama, dan kesimpulan, dan tidak boleh termasuk kutipan, tabel, angka, dan formula. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di Templat. Templat ada pada Author's Package.
  11. Kata kunci (terdiri dari 3 sampai 5 kata) terletak di bawah abstrak dan ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
  12. Naskah (Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, dan Simpulan dan Saran) menggunakan Arial ukuran 10, spasi baris 1 baris, ukuran kertas A4 (210 x 297 mm) dengan margin atas 4 cm, bawah 4 cm, kiri dan kanan 3 cm, rata kanan – kiri. Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di Templat.
  13. Artikel yang dikirim ke Media Informasi berasal dari artikel penelitian asli (artikel orisinalitas atau keadaan kebaruan harus disebutkan di bagian pengantar) atau artikel ulasan tentang Ilmu Kesehatan (lihat lingkup dalam website).
  14. Artikel penelitian berisi judul, nama penulis, afiliasi / lembaga, negara, abstrak, kata kunci, PACS, pengantar, metode penelitian, hasil dan diskusi, kesimpulan dan saran, pengakuan, dan referensi.
  15. Artikel Review berisi judul, nama penulis, afiliasi / lembaga, negara, abstrak, kata kunci, PACS, pengantar, diskusi, kesimpulan, pengakuan, dan referensi.
  16. Pendahuluan menjelaskan keunikan/kebaruan penelitian, analisis kesenjangan, dan tujuan / pertanyaan penelitian.
  17. Metode penelitian ditulis secara lengkap dan terperinci sehingga dapat diulang oleh orang lain (dapat direproduksi).
  18. Hasil harus meringkas atau menyoroti temuan daripada memberikan hasil penelitian yang terperinci. Diskusi harus menjawab masalah, menafsirkan hasil penelitian dan temuan ke dalam pengetahuan yang sudah diketahui, mengkonfirmasi dan / atau kontras dengan penelitian peneliti lain, menyusun teori baru, dan / atau memodifikasi teori sebelumnya. Diskusi juga dapat berisi implikasi dari hasil teoritis dan implementasi.
  19. Kesimpulan harus mampu menjawab tujuan / pertanyaan penelitian dan tidak boleh mengulangi abstrak atau hanya menulis ulang hasil eksperimen
  20. Paragraf  ditulis dengan model justifikasi. Paragraf diberikan 5 karakter untuk lekukan kiri.
  21. Judul gambar menggunakan Arial ukuran 10, tebal, penyejajaran tengah, 1 spasi spasi, dan ditempatkan di bagian bawah gambar. File gambar dalam format .jpg, .bmp, atau .png harus dilampirkan dalam file terpisah dengan Artikel
  22. Saat mengutip gambar, grafik, atau foto dari publikasi lain, penulis harus menentukan sumbernya dan mendapatkan izin dari penulisnya. Formulir Permohonan Ijin Penggunaan Ciptaan terlampir dalam Paket Penulis Media Informasi.
  23. Tabel diketik spasi satu, tempat desimal digunakan sebagai referensi posisi, dan nol harus dinyatakan (mis., 0,33 dan bukan .33). Kolom dan baris dalam tabel harus diberi judul. Judul tabel ditulis dengan huruf kapital untuk huruf pertama dari setiap kata. Judul tabel ditempatkan di bagian atas tabel. Ukuran font 10 pt atau dapat disesuaikan. Contoh format tabel dapat dilihat di Templat.
  24. Diagram, skema, bagan, atau diagram alur menggunakan Arial, spasi satu. Ukuran font 10 pt atau dapat disesuaikan
  25. Persamaan diberi nomor dengan angka Arab di sebelah kanan dalam tanda kurung. Persamaan harus menggunakan Sistem Internasional (SI) dan standar singkatannya. Tanda desimal menggunakan periode untuk artikel dalam bahasa Inggris (contoh: 0.5). Singkatan harus dihindari kecuali mereka telah didefinisikan sebelumnya atau singkatan yang umum digunakan. Catatan kaki tidak diperbolehkan.
  26. Setiap konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang dapat memengaruhi hasil atau interpretasi penelitian harus dituliskan dalam naskah. Semua sumber dukungan finansial atau non-finansial untuk penelitian juga harus ditulis di bagian Ucapan Terima Kasih.
  27. Daftar Pustaka ditempatkan di akhir naskah, pustaka diberi nomor dengan angka Arab dan dirujuk dalam naskah dengan menuliskan angka-angka dalam tanda kurung, misalnya: "[1]". Penomoran pustaka berdasarkan urutannya dalam naskah. Contoh penulisan referensi dapat dilihat di Templat.
  28. Artikel harus menggunakan setidaknya 80% dari referensi terbaru (tidak lebih dari 10 tahun) dan terdiri dari (setidaknya) 80% artikel dari jurnal ilmiah.
  29. Penulis dapat menyarankan Mitra Bestari potensial untuk artikelnya dan dapat mengusulkan agar seseorang tidak mereview. Info lebih lanjut dapat dilihat di Peer-Review policy.
  30. Semua artikel yang diserahkan ke Media Informasi akan dibaca dan ditinjau secara single blind peer review oleh (minimal) 2 mitra bestari yang ahli dalam bidangnya. Penerimaan sebuah artikel tergantung pada kebaruan penelitian, signifikansi artikel, kebenaran konten, tingkat orisinalitas, kejelasan deskripsi, dan kesesuaian dengan tujuan jurnal.
  31. Dewan editor berwenang untuk menerima, mengembalikan naskah untuk direvisi, dan / atau menolak naskah yang dikirim.
  32. Template dapat diunduh dari http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/BMI/index. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Dewan Editor Media Informasi melalui email bmi.poltekkestasik@gmail.com.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Templat Jurnal.

    Pastikan Naskah anda sudah sesuai dengan templat di jurnal kami. jika belum silahkan sesuaikan dengan templat yang terdapat pada Author's Package.

     

  2. Formulir Persetujuan Terbit.

    Formulir ada di Author's Package. Setelah diisi lengkap Formulir di scan. Formulir diunggah pada file tambahan.

     

  3. Formulir Pernyataan Penulis

    Formulir ada di Author's Package. Setelah diisi lengkap Formulir di scan. Formulir diunggah pada file tambahan.

     

  4. Telah lolos Ethical Clearance penelitian.

    Untuk naskah yang berasal dari penelitian: Penulis dapat membuktikan penelitian yang dilakukan telah lolos Ethical Clearance.

    Untuk naskah yang berupa artikel hasil review atau metaanalisis artikel lain tidak perlu ada Ethical Clearance.