GAMBARAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ELECTRONIC LEARNING SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN CIREBON

Pepi Hapitria, Gita Ningtias

Sari


Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui gambaran pengelolaan pembelajaran berbasis electronic learning selama pandemi COVID-19 pada Program Studi DIII Kebidanan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya di semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif  yang di peroleh melalui metode wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Gambaran pengelolaan Electronic Learning  yang dilaksanakan pada tahap perencanaan diawali dengan rapat kerja dilanjutkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran secara tersirat telah mengacu pada model blended learning dengan prinsip pembelajaran Student Centre Learning. Langkah-langkah pembelajaran terdiri dari pembukaan, inti dan penutupan yang dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Evaluasi  yang digunakan adalah evaluasi formatif dan sumatif melalui pelaksanaan UTS-UAS teori dan praktik. Program Studi D III Kebidanan  Cirebon melaksanakan pengelolaan e-learning berdasarkan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan  Tinggi melalui perencanaan yang akurat, pelaksanaan yang berkualitas dan evaluasi secara berkseinambungan.

Kata Kunci : Pengelolaan, pembelajaran, electronic learning, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui gambaran pengelolaan pembelajaran berbasis electronic learning selama pandemi COVID-19 pada Program Studi DIII Kebidanan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya di semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif  yang di peroleh melalui metode wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Gambaran pengelolaan Electronic Learning  yang dilaksanakan pada tahap perencanaan diawali dengan rapat kerja dilanjutkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran secara tersirat telah mengacu pada model blended learning dengan prinsip pembelajaran Student Centre Learning. Langkah-langkah pembelajaran terdiri dari pembukaan, inti dan penutupan yang dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Evaluasi  yang digunakan adalah evaluasi formatif dan sumatif melalui pelaksanaan UTS-UAS teori dan praktik. Program Studi D III Kebidanan  Cirebon melaksanakan pengelolaan e-learning berdasarkan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan  Tinggi melalui perencanaan yang akurat, pelaksanaan yang berkualitas dan evaluasi secara berkseinambungan.


Kata Kunci


Pengelolaan, pembelajaran, electronic learning, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.37160/bmi.v17i1.699

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LIST TERBITAN JURNAL BULETIN MEDIA INFORMASI
Arsip BULETIN MEDIA INFORMASI



MEDIA INFORMASI (ISSN : 2086-3292 dan eISSN : 2655-9900) di publikasikan oleh Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya , Jln. Cilolohan No. 35, Kel.Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat 46115, Indonesia, Telp.(0265) 340186 Fax.(0265) 338939


Public Services :
Email : penelitian@poltekkestasikmalaya.ac.id


Creative Commons License

Media Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor :

Web
Analytics

Free counters!