EFEKTIVITAS EDUKASI KESEHATAN GIGI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENYIKAT GIGI ANAK
Abstract
Berdasarkan kelompok umur yang bermasalah kesehatan gigi dan mulut yang tertinggi di Indonesia yakni umur 5-9 tahun sebesar 92,6% dan hanya ada 2,8% dari keseluruhan yang menyikat gigi dengan benar. Media pendidikan menentukan efektivitas belajar anak. Tujuan Penelitian untuk mengetahui efektivitas edukasi kesehatan gigi menggunakan media video interaktif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menyikat gigi pada anak TK Yufanti Jambi. Desain Penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan pendekatan Two Group Pre-Post Test Design dengan jumlah sampel yaitu 48 orang yang diambil secara purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan kuesioner dengan uji statistik Uji Wilcoxon Test. Hasil diperoleh edukasi kesehatan gigi dengan video interaktif efektif terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan menyikat gigi pada anak TK Yufanti Jambi ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada 0,000 (p kurang dari 0,05). Disimpulkan bahwa edukasi kesehatan menggunakan video interaktif efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menyikat gigi pada anak TK dan disarankan untuk tindaklanjuti penelitian lebih lanjut dengan responden lebih besar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v3i2.941
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.