PENGETAHUAN PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA (Studi pada siswa kelas IV SD Islam An-Nur Surabaya tahun 2022)

Dylana Tesalonika Salsa, Isnanto Isnanto, Sri Hidayati

Abstract


Masalah : Ditemukan pada studi pendahuluan yang dilakukan di Siswa kelas IV SDI An-Nur Surabaya sebagian besar memiliki pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut yang kurang. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media yang kurang efektif dalam proses pembelajaran. Pilihan media merupakan faktor yang dapat mempengaruhi pengetahuan, media dapat menumbuhkan perhatian belajar anak, dan makna informasi yang disampaikan akan lebih mudah diterima. Upaya meningkatkan pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dapat dilaksanakan dengan menggunkan media ular tangga. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut antara sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan menggunakan media permainan ular tangga pada siswa kelas IV SD Islam An-Nur Surabaya tahun 2022. Metode : Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest dengan populasi siswa kelas IV SDI An-Nur Surabaya berjumlah 45 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan untukmengetahui perbedaan adalah uji wilcoxon. Hasil : Ada perbedaan pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan menggunakan media permainan ular tangga pada siswa kelas IV SD Islam An-Nur Surabaya. Perbedaan pengetahuan yaitu berupa peningkatan pengetahuan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v3i2.907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.