PERBANDINGAN PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DENGAN MEDIA BUKU SAKU DAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DALAM MENCEGAH RISIKO KEHILANGAN GIGI
Abstract
Masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering terjadi pada lansia adalah penyakit jaringan penyangga gigi dan kasus kehilangan gigi. Lansia banyak mengalami kehilangan gigi akibat gangguan sistemik yang diperberat yang mempengaruhi kemampuan mengunyah yang berakibat pada gangguan gizi dan penurunan kualitas kesehatan lansia. Pendidikan kesehatan gigi memiliki peran yang sangat penting dalam proses pemberdayaan masyarakat, sehingga dapat membantu masyarakat dalam bidang kesehatan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pendidikan kesehatan gigi dengan media pocketbook dan metode ceramah tentang pengetahuan pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut dalam mencegah risiko kehilangan gigi pada lansia di Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain two-group pre-test dan post-test, satu kelompok sampel diberikan intervensi pendidikan kesehatan gigi dengan media pocketbook, kelompok lainnya diberikan intervensi pendidikan kesehatan gigi dengan metode ceramah. Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengetahuan pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut antara pendidikan kesehatan gigi dan media saku serta metode ceramah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v2i2.887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.