SLR: PERAN GURU PADA KEGIATAN UKGS TERHADAP KARIES GIGI ANAK SD
Abstract
Pendahuluan: Karies gigi adalah masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling sering dialami anak usia sekolah. Anak dengan usia 6–12 tahun merupakan usia yang rawan dan kritis yang dapat terkena karies gigi dan pada usia tersebut mempunyai sifat khusus yaitu masa di mana terjadi peralihan dari gigi susu ke gigi permanen. Guru merupakan salah satu orang yang berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut muridnya. Selain memiliki peran utama yaitu memberikan materi-materi kurikulum, guru juga mempunyai peran lainnya yaitu sebagai demonstrator, mediator dan fasilitator. Tujuan: Untuk menjelaskan peran guru pada kegiatan UKGS terhadap karies gigi anak SD. Metode: Jenis penelitian ini yaitu literature review. Pencarian jurnal dilakukan dari tahun 2015-2020 pada database Google Scholar, Researchgate dan PubMed dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris. Stategi pencarian jurnal menggunakan PICOS dengan keyword Maintenance Dental Health AND Children Age School Teeth Health AND Role of Teacher. Jurnal dipilih berdasarkan sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang akan di review. Hasil: Berdasarkan hasil literature review pada sebelas artikel jurnal, telah didapatkan dua sub pembahasan dari peran guru pada kegiatan UKGS yaitu peran guru sebagai demonstrator antara lain membantu tenaga kesehatan gigi dalam pengumpulan data / screening, memberikan pendidikan kesehatan gigi pada murid saat pelajaran olahraga, pembinaan dokter kecil, dan membantu kerjasama dengan petugas kesehatan dalam memelihara kesehatan lingkungan, jajan dan warung sekolah sedangkan peran guru sebagai mediator dan fasilitator antara lain melatih menggosok gigi, memberikan rujukan dan membantu guru dalam melakukan sikat gigi bersama
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v3i1.861
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.