HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN ORANGTUA DALAM MEMBIMBING MENYIKAT GIGI DENGAN TINGGINYA ANGKA KARIES PADA ANAK TUNAGRAHITA
Abstract
Tunagrahita adalah suatu kondisi anak yang kecerdasannya jauh dibawah rata-rata dan di tandai oleh keterbatasan intelegensi dan ketidakcakapan dalam komunikasi sosial. Perbedaan keterbatasan yang mereka miliki, mempengaruhi perilaku dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sebanyak 70% siswa tunagrahita di Sekolah Luar Biasa C Autis Negeri Tuban menderita karies gigi. Masalah dalam penelitian ini adalah tingginya karies gigi pada anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa C Autis Negeri Tuban. Tujuan dalam penelitian ini adalah diketahuinya hubungan pengetahuan, sikap, tindakan orang tua dalam membimbing menyikat gigi dengan tingginya angka karies pada anak tunagrahita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan study cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Orang Tua dari siswa Sekolah Luar Biasa C Autis Negeri Tuban tingkat SD (Sekolah Dasar) yang berjumlah 81 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar kuesioner dan lembar pemeriksaan DMF-T. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis hubungan antara pengetahuan, sikap, tindakan orang tua dalam membimbing menyikat gigi anak dengan tingginya angka karies gigi pada anak tunagrahita menggunakan analisis bivariate. Setelah semua data variabel pengetahuan, sikap, tindakan orangtua dalam membimbing menyikat gigi dan variabel tingginya angka karies pada anak dikumpulkan, kemudian entri data dan analisis data dengan bantuan SPSS dengan uji Chi-square. Hasil penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, tindakan orang tua dalam membimbing menyikat gigi dengan tingginya angka karies pada anak tunagrahita.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v3i1.866
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.