EFEKTIVITAS EDUKASI KESEHATAN MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIKAT GIGI ANAK

Yessi Nurmawi, Surayah Surayah, Pahrur Razi

Abstract


Perilaku menyikat gigi tahun 2018 ditemukan 94,7% orang Indonesia menyikat gigi setiap hari, namun hanya ada 2,8% dari keseluruhan yang menyikat gigi dengan benar. Proporsi perilaku menyikat gigi berdasarkan kelompok umur 5-9 tahun menyikat gigi setiap hari sebesar 93,2%, namun waktu menyikat gigi yang benar hanya 1,4%. Sedangkan di Provinsi Jambi ditemukan 96,4% menyikat gigi setiap hari, hanya 1% waktu menyikat gigi yang benar (menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur malam). Untuk meningkatkan keterampilan menggosok gigi dibutuhkan pendidikan kesehatan pada anak sejak dini. Media pendidikan menentukan efektivitas belajar anak. Desain Penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan pendekatan Two Group Pre-Post Test Design dengan jumlah sampel yaitu 48 orang yang diambil secara total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi langkah-langkah menyikat gigi gigi. Analisa data menggunakan uji statistik Uji Mann Whitney. Hasil diperoleh edukasi kesehatan gigi dengan buku cerita bergambar lebih efektif terhadap peningkatan keterampilan menyikat gigi pada anak TK Khalifah 2 Jambi ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada 0,000 (p < 0,05) dibandingkan dengan boneka jari. Disarankan tenaga kesehatan gigi dalam melaksanakan upaya promotif kesehatan gigi dan mulut menggunakan buku cerita bergambar pada anak TK. Disimpulkan bahwa edukasi kesehatan menggunakan buku cerita bergambar efektif meningkatkan keterampilan menyikat gigi pada anak TK dan disarankan untuk tindaklanjuti penelitian lebih lanjut dengan responden lebih besar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v3i1.842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.