PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH DAN ROLE PLAY TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI SISWA SEKOLAH DASAR

Lilik Indrawati, Ratih Larasati, Endang Purwaningsih

Abstract


Pendahuluan : Salah satu faktor penyebab timbulnya masalah kesehatan gigi dan mulut adalah kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pengetahuan kesehatan gigi dan mulut yang rendah pada anak merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya karies, oleh karena itu diperlukan upaya peningkatan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan penyuluhan. Ceramah adalah salah satu metode yang sering digunakan saat penyuluhan. Bermain peran merupakan metode yang menyenangkan dan cocok untuk anak-anak, agar pesan diterima dengan baik oleh sasaran maka diperlukan metode penyuluhan yang dapat berpengaruh dan efektif terhadap pengetahuan maupun perilaku. Tujuan : Menjelaskan pengaruh penggunaan metode ceramah dan role play terhadap pengetahuan kesehatan gigi siswa sekolah dasar. Metode : Systematic Literature Review ini menggunakan protokol dari Centre for Reviews and Dissemination, University of New York, tahun 2008. Academic database yang digunakan dalam pencarian artikel yaitu Google Scholar, PubMed, dan SINTA dengan kata kunci dental health education, lecture, role play, knowledge, dan artikel yang didapatkan berjumlah 6 artikel. Kemudian dievaluasi menggunakan PRISMA yang mengacu pada kriteria inklusi dan ekslusi berdasarkan PICOS. Sehingga didapatkan 6 artikel yang layak untuk direview. Hasil : berdasarkan hasil review dari 6 penelitian didapatkan bahwa penyuluhan metode role play lebih efektif dibandingkan metode ceramah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v2i2.711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.