EFEKTIVITAS PENYULUHAN DENGAN METODE SIMULASI MENYIKAT GIGI DENGAN TEKNIK KOMBINASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK DI TK TAUFIQURRAHMAN JAMBI

Surayah Surayah, Yeni Desriwati Tanjung, Pahrur Razi

Abstract


Perilaku menyikat gigi tahun 2018 ditemukan 94,7% orang Indonesia menyikat gigi setiap hari, namun hanya ada 2,8% dari keseluruhan yang menyikat gigi dengan benar. Tujuan Penelitian untuk mengetahui efektivitas penyuluhan menggunakan metode simulasi menyikat gigi dengan teknik kombinasi terhadap pengetahuan dan keterampilan menyikat gigi pada anak di TK Taufiqqurahman Jambi. Desain Penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan pendekatan Two Group Pre-Post Test Design dengan jumlah sampel yaitu 48 orang yang diambil secara purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan kuesioner dengan uji statistik Uji Wilcoxon Test. Hasil diperoleh penyuluhan menggunakan metode simulasi menyikat gigi dengan teknik kombinasi efektif terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan menyikat gigi pada anak TK Taufiqurrahman ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada 0,000 (p < 0,05). Disimpulkan bahwa penyuluhan menggunakan metode simulasi menyikat gigi dengan teknik kombinasi efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menyikat gigi pada anak TK dan disarankan untuk tindaklanjuti penelitian lebih lanjut dengan responden lebih besar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v4i1.1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.