PENGARUH PANDEMI COVID 19 TERHADAP KUNJUNGAN IMUNISASI DI POSYANDU DESA TANJUNGWANGI KECAMATAN CIJAMBE TAHUN 2020

Nicke Uriant Diharja, Siti Syamsiah, Risza Choirunnisa

Abstract


Latar Belakang: Masa Pandemi Covid-19 adalah masa yang sangat mengkawatirkan, khususnya bagi para ibu yang memiliki anak balita. Sementara itu, imunisasi sangat penting bagi anak-anak balita guna mencegah berbagai penyakit berbahaya. Dimasa Pandemi Covid-19, para tenaga kesehatan tetap mensosialisasikan imunisasi kepada para ibu, walaupun hasilnya di tahun 2019 partisipan imunisasi menurun tajam. Pada Tahun 2019, di UPTD Puskesmas Tanjungwangi, Kecamatan Cijambe cakupan imunisasi turun menjadi hanya 64%. Hal tersebut menjadi rentan terhadap ketahanan kesehatan balita terhadap berbagai penyakit yang berbahaya.

Tujuan: Mengetahui pengaruh pandemi Covid-19 terhadap partisipasi kunjungan imunisasi di Posyandu Tanjungwangi Puskesmas Tanjungwangi Kecamatan Cijambe.

Metodologi: Penelitian cross sectional dengan teknik survey elektronik. Sampel berjumlah 78  ibu yang meemiliki anak umur 0-24 bulan yang jumlahnya ditetapkan dengan rumus Slovin. Pengambilan  sampel  menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen pengetahuan, sikap ibu, dan dukungan keluarga yang disebarkan secara online. Data  dianalisis menggunakan uji Chi-Square.

Hasil Penelitian: Tidak ada pengaruh pengetahuan ibu (p-value = 0,468), sikap ibu (p-value = 0,667), dan dukungan keluarga (p-value = 0,626) terhadap partisipasi ibu dalam kunjungan imunisasi di Posyandu Tanjungwangi, Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cijambe Tahun 2020.

Kesimpulan dan Saran: Tidak ada pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap kunjungan imunisasi di Posyandu Tanjungwangi, Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cijambe Tahun 2020. Saran: Ibu-ibu yang memiliki balita hendaknya tetap memberikan imunisasi bagi anaknya walaupun dalam kondisi Pandemi Covid-19 dengan tetap mengikiti arahan tenaga kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.37160/arimbi.v1i1.587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Asian Research Midwifery Basic Science (ARIMBI) , is published by Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya , Jln. Cilolohan No. 35, Kel.Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat 46115, Indonesia, Telp.(0265) 340186 Fax.(0265) 338939


Public Services :
Email : [email protected] 


Creative Commons License