IDENTIFIKASI PELAKSANAAN PELAYANAN KELUARGA BERENCANA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI PUSKESMAS PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Badriah Badriah, Santi Wahyuni

Abstract


Dampak mewabahnya Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap rentannya terjadi Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) yang disebabkan oleh penurunan jumlah pelayanan KB secara nasional dari masing-masing jenis alat dan obat kontrasepsi (alokon). Hal ini diindikasikan bahwa Pasangan Usia Subur (PUS) yang memerlukan kontrasepsi tidak bisa mengakses layanan kontrasepsi di fasilitas kesehatan  dan menunda ke fasilitas kesehatan  selama Covid-19, jika tidak dalam kondisi gawat, karena adanya kekhawatiran PUS yang memerlukan kontrasepsi tertular Covid-19.

Kegiatan ini dilakukan dengan mengadakan  pertemuan  secara virtual dan melakukan identifikasi kepada petugas kesehatan dalam Pelaksanaan Pelayanan KB yang terdiri dari: Bidan dan Perawat yang melaksanakan tugas palayanan KB Pada masa Pandemi Covid-19 dan adaptasi kebiasaan baru, tentang program pelaksanaan pelayanan KB, Keamanan petugas dalam melakukan pelayanan KB, cara pemberian informasi/himbauan bagi pasangan usia subur dalam pemberian pelayanan KB, penggunaan APD pada PLKB/Kader, dalam hal ini semua kegiatan sudah diterapkan dan mengikuti  protokol kesehatan.

Pemberian informasi tentang KB dapat dilakukan bila pasien datang ke Puskesamas dengan memperhatikan protokol kesehatan dan mengadakan perjanjian melalui wa apabila pasien mau berkunjung untuk pelayanan KB. APD lengkap apabila petugas kesehatan baik bidan, perawat maupun kader pada saat melakukan pelayanan KB.

diharapkan petugas kesehatan di Puskesmas dapat melaksanakan pelayanan KB dengan mengikuti Protokol kesehatan dan lebih waspada lagi untuk menghindari tertularnya Covid-19.


Full Text:

PDF

References


BKKBN, (2014).Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa,Jakarta

BKKBN, (2019). Data-data dalam SDKI Tahun 2017.

BKKBN, (2020).Antisipasi Baby Boom Pasca Pandemi Covid-19, BKKBN Jalankan Pelayanan KB dengan Tetap Menjaga Jarak dan Konseling Melalui Media Online.Siaran Pers No.Rilis/54/B4/Bkkbn/V/2020, 02 Mei 2020, Https://www.bkkbn.go.id/, diakses tanggal 12 Juni 2020.

Hurlock Elisabith B., (1980).Psikologi Perkembangan suatu pendekatan sepanjang Rentang kehidupan, edisi kelima: Jakarta Erlangga

Nunung Nurwati, Siti Fathonah (2010).Profil Wanita Usia Subur Propinsi Jawa Barat Berdasarkan Data Sensus Penduduk, Bandung 2011

Nofrijal, (2019). Pembekalan Fasilitator dan Supervisor Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (SKAP) Margo Hotel, Depok (22/04).

Pinem Saroha (2009).Kesehatan Reproduksi dan kontrasepsi,Trans info. Media,Jakarta.

Suryana (2010).Metodologi Penelitian kualitatif dan kuantitatif buku ajar perkuliahan, Universitan pendidikan Indonesia

Widyastuti Y,Rahmawati A,Purnamaningrum Y. E (2010). Kesehatan Reproduksi,Fitramaya, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.