PENGARUH KONSUMSI JUS JAMBU BIJI MERAH TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS SAKETI

Rina Agustina, Triana Indrayani, Cholisah Suralaga

Abstract

Latar Belakang: Salah satu gangguan gizi yang sering terjadi pada ibu hamil adalah anemia. Berdasarkan laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, prevalensi kasus anemia pada ibu hamil adalah 48,9%. Selanjutnya data Puskesmas Mandalawangi menunjukkan bahwa jumlah ibu hamil anemia pada tahun 2019 sebanyak 65,14% dan dari tahun 2020 hingga Maret sebesar 78,98%.

Tujuan: Mengetahui pengaruh konsumsi jus jambu biji merah terhadap peningkatan kadar hemoglobin ibu hamil di Puskesmas Saketi, Pandeglang tahun 2020

Metodologi: Penelitian ini menggunakan quasi-eksperimental pretest-posttest with control group design. Sampel penelitian sebanyak 60 responden yang terdiri dari 30 orang kelompok intervensi dan 30 orang kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil: Rata-rata kadar hemoglobin kelompok kontrol sebelum pemberian tablet Fe 9,98 gr / dl dan setelah konsumsi tablet Fe adalah 10,56 gr / dl. Sedangkan rata-rata kadar hemoglobin kelompok intervensi sebelum pemberian tablet Fe + jus jambu biji merah adalah 10,16 gr / dl dan setelah mengonsumsi tablet Fe + jus jambu biji merah adalah 11,01 gr / dl. Hasil uji statistik diperoleh nilai p = 0,000.

Kesimpulan dan Saran: Ada pengaruh konsumsi jus jambu biji merah terhadap kadar hemoglobin ibu hamil di Puskesmas Saketi, Pandeglang tahun 2020. Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi tablet Fe secara rutin disertai dengan mengkonsumsi jus jambu biji merah untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

Keywords

Anemia, Jus Jambu Biji Merah, Kadar Hemoglobin, Tablet Fe

Refbacks

  • There are currently no refbacks.