PENYULUHAN TENTANG 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAIGON DAN PUSKESMAS SIANTAN HULU TAHUN 2021

Lydia Febri Kurniatin, Riska Regia Catur Putri, Asmaurika Pramuwidya

Abstract

Kejadian balita pendek atau biasa disebut dengan stunting  merupakan salah satu masalah gizi yang dialami oleh balita di Indonesia, termasuk di Kalimantan Barat. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah lima tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Stunting dapat meningkatkan kejadian kesakitan dan kematian, perkembangan kognitif, motorik dan verbal yang tidak optimal, kapasitas belajar dan performa yang kurang baik serta peningkatan biaya kesehatan. Ketidaktahuan tentang penyebab kejadian Stunting dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya kejadian Stunting sehingga diperlukan pendidikan kesehatan dengan media yang efektif untuk peningkatan pengetahuan tersebut dengan harapan ibu mampu mencegah stunting sedini mungkin.

Tujuan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai 1000 HPK dalam upaya pencegahan stunting. PKM berupa penyuluhan dilakukan di posyandu wilayah kerja Puskesmas Saigon dan Puskesmas Siantan Hulu. Media yang dipilih adalah booklet dan e booklet. Selain memberikan penyuluhan secara langsung, tim juga memberikan media berupa e booklet melalui grup media sosial Puskesmas.

Full Text:

PDF

References

Juniah, Anita Apriliawati, and Suhendar Sulaiman. 2020. “Media Booklet Aan Audiovisual Efektif Terhadap Pengetahuan Orang Tua Dengan Balita Stunting.” Jurnal Ilmiah Kesehatan IX: 60–65.

Kementrian Kesehatan RI. 2018. 53 Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan Topik Utama Situasi Balita Pendek (Stunting) Di Indonesia. Jakarta.

Kurniatin, Lydia Febri, and Lepita Lepita. 2020. “Determinan Kejadian Stunting Pada Anak Usia 24-59 Bulan Di Wilayah Puskesmas Saigon Kecamatan Pontianak Timur.” Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes Ri Pangkalpinang 8(1): 9.

Lityarini, Anita dyah, and Yayuk Fatmawati. 2020. “Edukasi Gizi Ibu Hamil Dengan Media Booklet Tentang Perilaku Pencegahan Balita Stunting Di Wilayah Puskesmas Undaan Kabupaten Kudus.” Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan 11(1): 100–105.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. 2017. “100 Kabupaten/Kota Prioritas Untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting).” 感染症誌 91: 399–404.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.