EDUKASI PEMBUATAN MASKER SEBAGAI USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA DI KELURAHAN JOHAR BARU JAKARTA PUSAT TAHUN 2020

Yetri Elisya, Harpolia Cartika, Wardiyah Wardiyah, Fatwa Hasbi, Rinda Nur Hidayati

Abstract

Terdapat banyak kebutuhan pangan sehari-hari yang berpotensi memiliki nilai jual jika diolah dengan cara yang tepat. Salah satu potensi yang dapat dimanfaatkan untuk usaha adalah pengolahan ampas kopi dan beras yang dapat dimanfaatkan sebagai sediaan kosmetik perawatan. Dengan pemberian edukasi pengolahan ampas kopi dan beras sebagai sediaan kosmetik, dapat meningkatkan produktivitas masyarakat yang selanjutnya akan meningkatkan perekonomian. Wilayah Johar Baru terletak di daerah Jakarta Pusat yang mayoritas berpendidikan tamat sekolah dasar (SD) dan tidak tamat sekolah menengah pertama (SMP). Dampak pendidikan rendah, sangat sulit bagi mereka untuk diterima bekerja di pemerintahan sebagai PNS atau di perusahaan swasta. Adanya pemberian edukasi pengolahan bahan beras dan ampas kopi sebagai masker, dapat meningkatkan produktivitas masyarakat Johar Baru yang selanjutnya dapat meningkatkan perekonomian. Metode edukasi berupa pemberian materi, video dan kuis menggunakan google form. Pada edukasi tentang pembuatan ampas kopi sebagai masker/lulur, peserta mampu menjawab soal dengan hasil kurang baik sebesar 24%, dan hasil yang baik sebesar 76%, namun setelah pelatihan peserta dapat lebih mengerti cara pengolahan masker/lulur ampas kopi sebesar 100%. Pada edukasi tentang pembuatan masker beras 65% peserta belum paham tentang pemanfaatan beras sebagai kosmetika bahan alam sebagai masker, namun setelah pelatihan masih didapatkan nilai kurang dari 60 sebesar 12% sebanyak 2 orang peserta yang kurang paham. Produk ini dapat dikembangkan menjadi produk yang bernilai ekonomi sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Full Text:

Untitled

References

Arikunto S, 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi, Jakarta : Rineka Cipta.

Fiddy, A, 2015. Penyebab Warga Johar Baru Kerap Tawuran. Okenews, https://megapolitan.okezone.com/read/2015/07/28/338/1186667/penyebab-warga-johar-baru-kerap-tawuran, diunduh tanggal 16 Maret 2020

Haryadi, 2013. Analisa Kadar Alkohol Hasil Fermentasi Ketan Dengan Metode Kromatografi Gas dan Uji Aktifitas Saccharomyces cereviceae Secara Mikroskopis. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.

Hidayat, Syamsul dan Rodame M. Napitupulu. 2015. Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta: Agriflo.

Made SP, dkk, 2019. Mitigasi Spasial Terhadap Bencana Sosial Di Pemukiman Johar Baru, Jakarta Pusat. Jurnal Arsitektur Zonasi, Volume 2 - Nomor 1.

Milla Kurniaputri, 2019. Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal Ini. Detik food https://food.detik.com/info-kuliner/d-4478040/jangan-dibuang-ampas-kopi-bisa-dimanfaatkan-untuk-10-hal-ini, diunduh tanggal 16 Maret 2020.

Naeli F, 2016. Tinjauan Kimia dan Aspek Farmakologi Senyawa Asam Klorogenat Pada Biji Kopi : Review. Majalah Farmaka Suplemen volume 14 nomor 1. Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran. Jurnal Unpad http://journal.unpad.ac.id/farmaka/article/viewFile/10769/5141, diunduh tanggal 16 Maret 2020.

Najiyati, S. dan Danarti, 2009. Kopi: Budidaya dan Penanganan Lepas Panen. Jakarta: Penebar Swadaya.

Tyas, T.K, 2019. 4 Cara Membuat Masker Beras untuk Kulit Wajah Bebas dari Jerawat, Mudah dan Ampuh, https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3918466/4-cara-membuat-masker-beras-untuk-kulit-wajah-bebas-dari-jerawat-mudah-dan-ampuh, di unduh tanggal 19 Maret 2020

Widowati, et al. 2016. Antioxidant and Anti Aging Assays of Oryza sativa Extracts, Vanilin and Coumaric Acid. Journal of Natural Remedies. 16 (3) : 1- 12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.