EFFORTS TO KEEP MOTHERFITNESS DURING PREGNANCY THROUGH BUSAMIL YOGA CARD IN HEALTH SERVICE AREA OF CIREBON CITY

Nurasih Nurasih, Endang Nurrochmi

Abstract

Hamil dan menjadi ibu merupakan masa yang paling membahagiakan dalam fase kehidupan seorang wanita. Namun perubahan tubuh dalam waktu yang singkat dan luka akibat proses persalinan seringkali menimbulkan keluhan yang merepotkan serta mengganggu dalam menikmati masa kehamilan dan setelah melahirkan. Berlatih Yoga sebagai salah satu olah raga yang baik bagi fisik dan emosional sangat membantu dalam mengatasi berbagai keluhan, namun tentunya setiap gerakan yang dilakukan harus disesuaikan dengan kondisi ibu yang berlatih. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan diri Ibu hamil dalam menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan melalui Yoga dengan kartu Bugar Selama Hamil (Busamil) sehingga dapat menjalani masa kehamilan dan persalinan dengan bugar ditengah pembatasan sosial yang diterapkan berkaitan dengan kondisi pandemi Covid-19.Kegiatan tersebut dilakukan di Puskesmas Jagasatru Wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Cirebon kepada 8 orang ibu hamil yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Ibu Hamil diberikan penjelasan terlebih dahulu terkait cara penggunaan kartu Yoga Busamil untuk dipraktikkan di rumah dua kali dalam seminggu selama empat minggu, dan melaporkan dokumentasi kegiatan yoga yang dilakukan serta melaporkan keluhan yang dirasakan melalui media Whatsapp kepada penulis maupun bidan Puskesmas.

Hasil Pemgadian kepada Masyarakat diperoleh informasi bahwa Kartu Busamil dapat dirasakan manfaatnya oleh Ibu hamil sebagai  salah satu upaya menjaga kebugaran selama Hamil dalam masa pandemi Covid-19, Kartu Busamil mudah digunakan karena terdapat ilustrasi gambar dan juga dilengkapi dengan penjelasan, setelah melakukan yoga prenatal di rumah melalui kartu Busamil beberapa keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil dapat berkurang bahkan cenderung menghilang.

Full Text:

Untitled

References

Amalia Riza (2014) ‘The Difference Between Pregnancy Gymnastics and Prenatal Yoga Treatment Toward Pregnant Mother Anxiousness Grade In Third Trimester In Pregnant Mother Class, Unggaran Public Health Center Work Area, Semarang Regency’.

Bangun, P. (2018) ‘Pengaruh Senam Yoga Teratur pada Kehamilan terhadap Penurunan Intensitas Low Back Pain pada Primigravida dan Multigravida.’, 3(2), pp. 75–80.

Lina, F. (2018) ‘Efektivitas Senam Hamil dan Yoga Hamil terhadap Penurunan Nyeri Punggung pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Pekkabata.’, Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(9), pp. 72–76. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/283679-efektivitas-senam-hamil-dan-yoga-hamil-t-95437f87.pdf.

Rodiani, R. and Soleha, T. U. (2019) ‘Hubungan antara Prenatal Yoga dengan Tekanan Darah Pasien Hipertensi dalam Kehamilan pada Kelompok Prenatal Yoga Klinik Krakatau.’, Majority, 8, pp. 147–151. Available at: http://repository.lppm.unila.ac.id/15509/.

Suananda Yhossie (2017) Prenatal Postnatal Yoga. ke 1. Edited by T. Merwin. Jakarta: Rafikatama

Refbacks

  • There are currently no refbacks.