PENYULUHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN DAMPAKNYA BAGI ANAK-ANAK DI DESA TLADAN, KAWEDANAN, MAGETAN

Vivi Rulviana, Suyanti Suyanti, Maya Kartikasari

Abstract

Pengabdian masyarakat berikut memberikan penyuluhan pemanfaatan media sosial dan dampaknya bagi anak-anak desa Tladan, Kawedanan, Magetan. Kegiatan berikut didasarkan pada maraknya penggunaan media sesial yang tanpa batas dan bebas diakses dan dikonsumsi anak-anak. Pada masa pandemi khususnya adanya pembelajaran daring penggunaan media sosial menjadi kebutuhan pertama anak untuk menjembatani terlaksananya kegiatan belajar mengajar. Media sosila yang sering dikonsumsi anak-anak yaitu whatsapp, facebook, instagram, telegram dan lain sebagainya. Tidak bisa dipungkiri seiring banyaknya manfaat yang didapatkan ketika menggunakan media sosial tetapi juga terdapat efek negatif yang ditimbulkan karena mengkonsumsi media sosial tersebut. Berdasarkan pada hal tersebut maka tim pengabdian ini memberikan penyuluhan bagaimana penggunaan media sosial yang bijak dan cerdas sehingga tidak terdampak efek negatifnya.

Full Text:

PDF

References

Astuti, F. (2019). Perilaku hate speech pada remaja di media sosial instagram (Skripsi mahasiswa S1). Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Bothma, T., Cosijn, E., Fourie, I., dan Penzhorn, C. (2009). Navigating Information Literacy : Your Information Society Survival Toolkit. Cape Town: Pearson Education South Africa.

Fahmi Anwar. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(1), 137-144.

Haryani M. R., Mudjiran, & Syukur, Y. (2012). Dampak pornografi terhadap perilaku siswa dan upaya guru pembimbing untuk mengatasinya. Konselor, 1(1), 1-8.

Mochamad Ali Maulidin, Syahirul Alim, dan Viani Puspita Sari. (2017). Cerdas ban Bijak dalam Memanfaatkan Media Sosial di Tengah Era Literasi dan Informasi. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 6(1), 1-4.

Paramitha C. 2012.Analisis Faktor Pengaruh Prmosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Dalam Bidang Kuliner (Studi Kasus).

Pradipta, A. (2016). Fenomena Perilaku Haters di Media Sosial (Skripsi mahasiswa S1). Universitas Diponegoro, Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.