IMPLEMENTASI DENTAL BRAILLE EDUCATION DALAM MENINGKATKAN ORAL HYGIENE ANAK TUNANETRA

Muhammad Fiqih Sabilillah

Sari

Salah satu metode mengajar yang dianggap sangat tepat dan cocok untuk mengajarkan materi menyikat gigi adalah Dental Braille Education (DBE). Dental Braille Education (DBE) merupakan suatu proses belajar dalam bidang kesehatan gigi dan mulut yang dikhususkan bagi tunanetra atau seseorang disabilitas penglihatan menggunakan media huruf braille sehingga diharapkan dapat mewujudkan derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal serta memiliki kemandirian dalam menjaga kesehatan giginya. Tujuan artikel ini adalah mengetahui efektifitas implementasi dental braille education dalam meningkatkan oral hygiene anak tunanetra. Metode pelaksanaan pada pengabdian kepada masyarakat “Implementasi Dental Braille Education dalam Meningkatkan Oral Hygiene Anak Tunanetra” adalah dengan memberikan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut melalui Dental Braille Education selanjutnya melakukan pengajaran cara menyikat gigi melalui demonstrasi dan simulasi. Hasil pengabdian kepada masyarakat tentang implementasi dental braille education dalam meningkatkan oral hygiene anak tunanetra dapat disimpulkan bahwa ada perubahan sebelum dan setelah diberikan Dental Braille Education (DBE) terhadap oral hygiene pada anak tunanetra.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.