PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI POSYANDU TERINTEGRASI (SIPTER) DI WILAYAH PUSKESMAS TAWANG KECAMATAN TAWANG KOTA TASIKMALAYA

Ida Sugiarti, Arief Tarmansyah, Fadil Ahmad Junaedi

Sari

Posyandu adalah salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sudah menjadi milik masyarakat serta menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat. Kegiatan-kegiatan pengembangan di Posyandu saat ini tidak hanya pada kegiatan Kesehatan Ibu dan Anak, Gizi, KB saja, tapi berkembang  sesuai  dengan kebutuhan masyarakat setempat misalnya: Bina Keluarga Balita (BKB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Ekonomi Keluarga, Koperasi, Keagamaan, Penyuluhan pengendalian penyakit-penyakit menular, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hasil kegiatannya dicatat dan dilaporkan dalam format tertentu. Pada penyelenggaraannya, kader posyandu telah melakukan penyelenggaraaan pencatatan dan pelaporan, pencatatan dilakukan oleh kader segera setelah kegiatan dilaksanakan. Pencatatan dilakukan dengan menggunakan format baku sesuai dengan program kesehatan, Sistem  Informasi Posyandu (SIP), selama ini dilaksanakan secara manual. Penyelenggaraan pencatatan dan pelaporan SIP manual memberikan beberapa kemungkinan data yang kurang valid, keterlambatan pengolahan data dan pembuatan laporan serta rendahnya pemanfaatan laporan hasil kegiatan posyandu, baik oleh posyandu itu sendiri maupun instansi-instansi terkait seperti, Puskesmas, Kantor Kelurahan, sampai dengan jajaran di atasnya. Posyandu Edeilweis dan Cendrawasih adalah  2  posyandu  diantara 72 posyandu yang pelaksanaan kegiatannya temasuk baik dan peran serta kader yang juga cukup baik, ditandai  dengan kreativitas dan motivasi kadernya. Terletak di Kelurahan Lengkong Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Setelah dilakukan implementasi SIPTER maka laporan yang diperlukan oleh puskesmas yang telah terstandar di dalam SIP dan oleh koordinator desa bisa didapatkan dengan mudah.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.