SOSIALISASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENYELENGGARAAN MAKANAN BANYAK (PMB) DI TEMPAT WISATA

Repa Kustipia, A. Suparjo Suparjo, Marini Sriastuti, Riebowo Riebowo

Sari

Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu dalam Penyelenggaraan Makanan Banyak (PMB) merupakan tanggung jawab pengurus untuk memberikan pelayanan dalam memberikan makanan yang berkualitas khususnya bagi pengunjung di tempat wisata. Tujuan penelitian untuk menganalisis kualitas pelayanan produk atau makanan yang terbebas dari kerusakan pangan yang diberikan kepada konsumen dengan tingkat kepuasan dilihat dari persiapan makanan, produksi makanan, distribusi makanan, persepsi makanan oleh pengunjung tempat wisata dan menemukan permasalahan yang ditemukan di lapangan. Desain penelitian yang digunakan adalah eksploratori dengan menggunakan metode teknik kualitatif yaitu Focus Group Discussion (FGD), pengambilan informan menggunakan probability sampling dengan mengembangkan field customer survey untuk pengukuran kepuasan konsumen sebagai pengunjung tempat wisata dengan fasilitas Penyelenggaraan Makanan Banyak (PMB) dan dianalisis menggunakan Fact Analysis Model. Penelitian ini dilakukan pada Januari 2016-Desember 2017 dengan 20 informan di Yogyakarta dan Bali. Hasil penelitian kepuasan konsumen sebagai pengunjung tempat wisata yang mencicipi makanan di Yogyakarta menunjukkan kepuasan pada persiapan makanan, produksi makanan dan distribusi makanan dan tidak puas pada persepsi makanan sedangkan kepuasan konsumen sebagai pengunjung tempat wisata yang mencicipi makanan di Bali menunjukkan kepuasan pada persepsi makanan dan distribusi makanan, serta tidak puas pada produksi makanan dan persiapan makanan. Sedangkan temuan lapangan dari hasil FGD yang berkaitan dengan Total Quality Management (TQM) adalah tidak adanya laporan sanitasi, laporan keamanan makanan, informasi penyimpanan pangan dalam suhu (dingin atau beku), jadwal distribusi makanan, dan kartu saran.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.