PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI TERHADAP KETERAMPILAN CARA MENYIKAT GIGI

Alma Dian Widyadhana, Sunomo Hadi, Siti Fitria Ulfah

Abstract


Anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang tergolong tinggi terkena karies, karena pada usia ini merupakan masa pergantian gigi desidui ke gigi permanen, maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan gigi hingga gigi permanennya nanti karena sudah tidak ada gigi pengganti. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan melakukan promotif menggunakan metode yang sesuai untuk sasaran yaitu metode bernyanyi dan tindakan preventif yang bertujuan untuk mencegah terjadinya karies gigi yaitu menyikat gigi. Masalah dalam penelitian ini yaitu keterampilan cara menyikat gigi siswa kelas 1 di SDN Pekarungan masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan metode bernyanyi terhadap keterampilan cara menyikat gigi pada siswa kelas 1 SD. Jenis penelitian ini adalah Quasy Exsperiment dengan rancangan pre post test design, dengan populasi 52 siswa kelas 1. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai P (0,000) kurang dari 0,005. Nilai ini menunjukkan H0 ditolak, sehingga ada pengaruh penyuluhan menggunakan metode bernyanyi terhadap keterampilan cara menyikat gigi. Kesimpulan Ada pengaruh penyuluhan menggunakan metode bernyanyi terhadap keterampilan cara menyikat gigi pada siswa kelas 1 SDN Pekarungan kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo setelah di observasi selama 3 hari. Sehingga metode bernyanyi dapat digunakan sebagai metode penyuluhan yang cocok untuk meningkatkan keterampilan cara menyikat gigi pada anak usia sekolah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v3i2.893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.