SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA
Abstract
Tunagrahita merupakan individu dengan hambatan atau perkembangan mental dengan kecerdasan di bawah normal dan disertai dengan ketidakmampuan dalam adaptasi perilaku yang muncul sebelum usia 18 tahun. Ketidakmampuan adaptasi perilaku yang dialami anak tunagrahita salah satunya adalah menyikat gigi. Keterampilan menyikat gigi merupakan salah satu perilaku yang penting untuk dikuasai karena berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut. Masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering terjadi pada anak tunagrahita yaitu peradangan gusi, gigi berlubang, dan gigi tidak beraturan. Tujuan: diketahuinya upaya yang dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan gigi dalam meningkatkan keterampilan menyikat gigi pada anak tunagrahita. Design penelitian: jenis penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Pencarian jurnal dilakukan tahun 2015-2020 pada database DOAJ, GARUDA, Pro-Quest, Pub-Med, dan Google Scholar dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia. Strategi pencarian jurnal menggunakan PICOS dengan keyword tunagrahita OR mentally retardation OR mentally retarded OR mental deficiency OR mentally disabled OR intellectual disability) AND (media OR menyikat gigi OR menggosok gigi OR tooth brushing) AND (keterampilan OR kemampuan OR ability OR skills. Jurnal dipilih berdasarkan sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang akan di review. Hasil: berdasarkan hasil literature review pada 9 jurnal, telah didapatkan macam-macam upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menyikat gigi pada anak tunagrahita yaitu terapi okupasi, penggunaan media video, teknik total-task presentation, bimbingan individual, metode demonstrasi dan metode picture and picture, dan terdapat efektivitas meningkatkan keterampilan menyikat gigi pada anak tungarahita sebelum dan sesudah diberiakan terapi okupasi, penggunaan media video, teknik total-task presentation, bimbingan individual, metode demonstrasi dan metode picture and picture.
Full Text:
UntitledDOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v2i3.769
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.