PERSEPSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI DENTAL TREATMENT CLINIC

Sekar Putri Dianingrum, Sri Hidayati, Ratih Larasati

Abstract


Kunjungan pasien di Dental Treatment clinic mengalami penurunan pada bulan Januari sampai September Hal ini disebabkan karena pada saat pasien berobat tidak mendapatkan pelayanan dengan maksimal, sehingga pasien merasa tidak puas dan  tidak mau berkunjung ulang ke Dental Treatment clinic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien di Dental Treatment Clinic. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan Desain Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh      pasien yang pernah berkunjung di Dental Treatment Clinic. Sampel dalam penelitian  ini berjumlah 90 orang. Pengambilan sampel digunakan dengan cara accidental sampling.Metode pengumpulan data dengan cara observasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini  adalah analisis data menggunakan uji chi-square dengan nilai yang tidak signifikan sebesar 0,751 ( p lebih dari 0,05). Pada penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien di Dental Treatment Clinic. Pada penelitian selanjutnya dapat menganalisis faktor lainnya yang diduga memiliki hubungan dengan kepuasan pasien.

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v2i3.764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.