PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG CARA MEMELIHARA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DI TK HILMA SURABAYA
Abstract
Pendahuluan: Anak prasekolah di TK Hilma Surabaya yang mengkonsumsi makan atau minuman manis serta tidakdiiringi perilaku memelihara kebersihan gigi dan mulut dapat menyebabkan karies gigi pada anak. Pengetahuan menjadilandasanterbentuknyaperilaku,sehinggaanakmembutuhkanpengetahuankhususnyatentangcaramemeliharakebersihan gigi dan mulut menggunakan metode yang tepat melalui metode bernyanyi. Rata-rata angka karies di TKHilma Surabaya termasuk tinggi. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakanmetode bernyanyi terhadap pengetahuan tentang cara memelihara kebersihan gigi dan mulut. Metode: Jenis penelitianiniTrueeksperimentaldengandesainpenelitianmenggunakanpretest-postestcontrolgroupdesign.Samplepenelitianini yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa-siswi. Metode pengumpulandata menggunakan lembar kuisioner. Teknik analisis data menggunakan uji Man Whiteney test. Hasil: pengetahuansetelah tentang cara memelihara kebersihan gigi dan mulut pada kelompok intervensi (8,83±1,05) dan kelompok kontrol(5,46±2,11) dengan P Value: 0,000 kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penyuluhan menggunakan metodebernyanyiterhadappengetahuantentangcaramemeliharakebersihangigidanmulut di TKHilmaSurabaya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v2i2.724
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.