SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW TENTANG JENIS MEDIA PENDIDIKAN MENYIKAT GIGI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA
Abstract
Keterampilan menyikat gigi yang baik dan benar merupakan suatu kegiatan yang paling mendasar yang perlu dimiliki setiap orang, termasuk anak tunagrahita. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan menyikat gigi anak tunagrahita, karena keterbatasan tingkat kecerdasan yang dimilikinya mempengaruhi pemahaman dalam proses pembelajaran menyikat gigi. Anak tunagrahita membutuhkan media yang menarik dan sederhana sehingga mampu untuk meningkatkan motivasi belajar serta memudahkan pemahamannya terhadap materi yang disajikan. Peneilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan jenis media visual dan media audio visual pendidikan menyikat gigi terhadap kemampuan menyikat gigi pada anak tunagrahita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menyikat gigi anak tunagrahita ditinjau dari penggunaan jenis media visual dan media audio visual pendidikan menyikat gigi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v2i2.707
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.