EDUKASI INTERVENSI METODE DRILL DAN DEMONSTRASI DALAM ORAL HYGIENE PASIEN PROLANIS

Winda Fratiwi, Wahyudin Wahyudin

Abstract


Prolanis merupakan Program Pengelolaan Penyakit Kronis. Tujuan prolanis ini untuk mendukung penderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup optimal. Sasaran prolanis ini ditujukan untuk Pasien Diabetes Melletus tipe II dan Hipertensi. Pasien  Diabetes mellitus merupakan gangguan metabolisme tubuh yang mengacu pada peningkatan kadar glukosa darah. Diabetes mellitus mempunyai hubungan yang signifikan dengan beberapa komplikasi mikro dan makrovaskular dalam tubuh. Pada penderita diabetes mellitus banyak ditemukan gangguan dalam rongga mulut dengan manifestasi oral seperti gingivitis, periodontitis, xerostomia, akumulasi plak yang tinggi, perubahan rasa dan kandidiasis,hal ini mengakibatkan status kebersihan gigi dan mulut pasien prolanis  buruk. Pemberian penyuluhan tentang cara menyikat gigi yang benar dapat menjadi cara yang efektif untuk membimbing pasien prolanis menjaga kebersihan gigi dan mulutnya diantaranya menggunakan metode drill dan demonstrasi.  Tujuan Penelitian ini yaitu untuk membandingkan intervensi edukasi oral hygiene menggunakan metode drill dan demonstrasi terhadap perubahan indeks oral hygiene pasien prolanis. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan two group pre-post test design, yaitu peneliti membagi responden menjadi 2 kelompok subyek serta melakukan pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) idak Ada Perbedaan Signifikan Dari Indeks Oral Hygiene pada Pasien Prolanis dengan Penyuluhan menggunakan Metode Drill maupun Metode Demonstrasi. 2) Ada Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Metode Drill dan Metode Demonstrasi terhadap Indeks Oral Hygiene Pasien Prolanis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v4i2.1083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.