PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP PENGETAHUAN PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA KELAS IV SDN 6 MANGKURAYAT KABUPATEN GARUT
Abstract
Latar Belakang: Pentingnya masalah kesehatan gigi dan mulut dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anak-anak sekolah dasar secara menyeluruh tidak dapat disangkal. Permasalahan kesehatan gigi dan mulut disebabkan oleh kekurangan perhatian terhadap kebersihan mulut yang disebabkan oleh sikap dan perilaku yang kurang tepat. Pernyataan ini mendasarkan pada kurangnya pemahaman mengenai betapa pentingnya menjaga kebersihan mulut dengan benar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan memahami dampak penyuluhan penggunaan media pop-up book terhadap peningkatan pengetahuan siswa kelas IV SDN 6 Mangkurayat Kabupaten Garut tentang bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut. Metode Penelitian: Penelitian ini mempergunakan penelitian berjenis Quasi Experimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest Design. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 6 Mangkurayat Kabupaten Garut. Hasil Penelitian: Hasil uji Wilcoxon dengan nilai p value (Asymp. Sig 2-tailed) senilai 0,000 atau <0,05, sehingga ditarik simpulan bahwasanya terdapat pengaruh antara pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan melalui media pop-up book terhadap peserta didik kelas IV SDN 6 Mangkurayat Kabupaten Garut. Kesimpulan: Terdapat pengaruh penyuluhan pengunaan media pop-up book terhadap pengetahuan pemeliharan kesehatan mulut dan gigi pada siswa kelas IV SDN 6 Mangkurayat Kabupaten Garut.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v4i2.1075
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.