HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU TERAPIS GIGI DAN MULUT DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN APD UNTUK PENCEGAHAN PENYAKIT AKIBAT KERJA

Neneng Reska Setiana, Tita Kartika Dewi, Cahyo Nugroho

Abstract


Latar Belakang: Perilaku keselamatan dan kesehatan kerja terapis gigi dan mulut khususnya di puskesmas sangat penting, karena tindakan sekecil apapun dapat menimbulkan risiko terhadap terapis gigi dan mulut. Pemakaian alat pelindung diri merupakan salah satu upaya untuk menciptakan keselamatan dan kesehatan kerja di beberapa puskesmas. Kepatuhan terapis gigi dan mulut dalam penggunaan APD berpengaruh pada penularan penyakit.

Tujuan penelitian: Mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku terapis gigi dan mulut dengan kepatuhan penggunaan APD untuk pencegahan penyakit akibat kerja di Puskesmas Kabupaten Garut. Metode: penelitian survei deskriptif, populasi sebanyak 90 orang terapis gigi dan mulut yang praktik di Puskesmas Kabupaten Garut, pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Data diambil dengan cara pembagian daftar pertanyaan (kuesioner) kepada terapis gigi dan mulut dengan google form. Data dianalisis menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian:  Faktor pengetahuan terapis gigi dan mulut dengan penggunaan APD untuk pencegahan penyakit akibat kerja di Puskesmas Kabupaten Garut sebagian besar kategori baik (53,3%), faktor sikap sebagian besar kategori baik (82,2%), faktor tindakan sebagian besar kategori baik (67,8%), dan kepatuhan sebagian besar kategori baik (63,3%). Hasil analisis korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan pengetahuan terapis gigi dan mulut (p-value= 0,035), sikap (p-value= 0,025), dan tindakan (p-value= 0,000) dengan kepatuhan dalam penggunaan APD untuk pencegahan penyakit akibat kerja. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan, sikap, dan tindakan terapis gigi dan mulut dengan kepatuhan dalam penggunaan APD untuk pencegahan penyakit akibat kerja di Puskesmas Kabupaten Garut. Disarankan dalam melaksanakan tindakan sebaiknya terapis gigi dan mulut selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) guna mencegah terjadinya kontaminasi penyakit akibat kerja. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37160/jikg.v4i1.1053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
JIKG under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.