PENGARUH PENGGUNAAN KOLOSTRUM TERHADAP WAKTU PELEPASAN TALI PUSAT PADA BAYI DI PUSKESMAS SAKETI KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2020

Ihah Nasihah, Triana Indrayani, Cholisah Suralaga

Abstract


Latar Belakang: Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Pandeglang pada tahun 2019 adalah 19 per 1000 kelahiran hidup, dimana kematian bayi disebabkan oleh asfiksia (46,4%), infeksi (36,3%), dan BBLR (17,3%). Data dari hasil survei yang dilakukan di Puskesmas Saketi menunjukkan berbagai metode perawatan tali pusat yang telah dilakukan. Namun waktu pemisahan tali pusat masih dianggap sangat lama, yaitu lebih dari 7 hari.

Tujuan: Mengetahui pengaruh penggunaan kolostrum terhadap waktu lepas tali pusat bayi baru lahir di Puskesmas Saketi, Pandeglang tahun 2020.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi sebanyak 30 orang, sedangkan sampel penelitian 30 responden yang terdiri dari 15 orang yang dirawat kolostrum dan 15 orang yang dirawat menggunakan kain kasa kering. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Selain itu, uji parametrik dilakukan dengan uji t berpasangan.

Hasil: Rata-rata waktu pemisahan tali pusat yang dirawat dengan kolostrum adalah 5,47 hari dan dengan metode kasa kering 6,80 hari. Hasil uji statistik diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,007, artinya ada pengaruh penggunaan kolostrum terhadap waktu pemisahan tali pusat.

Kesimpulan dan Saran: Perawatan tali pusat dengan menggunakan kolostrum lebih efektif dibandingkan dengan perawatan menggunakan kain kasa kering untuk waktu pemisahan tali pusat. Disarankan agar petugas kesehatan melakukan perawatan tali pusat dengan menggunakan ASI dan kain kasa kering steril. Keduanya dapat mempercepat waktu pemisahan dan mencegah terjadinya infeksi tetanus neonatorum.


Keywords


Perawatan Tali Pusar, Kolostrum, Kain Kasa Kering.



DOI: https://doi.org/10.37160/arimbi.v1i1.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Asian Research Midwifery Basic Science (ARIMBI) , is published by Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya , Jln. Cilolohan No. 35, Kel.Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat 46115, Indonesia, Telp.(0265) 340186 Fax.(0265) 338939


Public Services :
Email : [email protected] 


Creative Commons License