PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN KELAS IBU HAMIL MENGGUNAKAN DISCOVERY BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Pembelajaran kelas ibu hamil dapat dilaksanakan menggunakan modul pembelajaran untuk memudahkan peserta dan fasilitator mencapai tujuan instruksional. penelitian Mahdalena, Ramie, dan Lucin (2018) menyimpulkan bahwa model ARCS pada pembelajaran kelas ibu hamil dengan pendekatan pembelajaran model Discovery Base Learning (DBL) dan model Problem Based Learning (PBL) terbukti bermakna dalam meningkatkan kontrol diri dan efikasi diri ibu hamil menghadapi proses persalinan.
Kegiatan ini bertujuan melaksanakan pelatihan untuk menyampaikan konsep dan mendemonstrasikan model pembelajaran kelas ibu hamil menggunakan Discovery Based Learning dan Problem Based Learning pada Bidan dalam menyiapkan ibu hamil menghadapi Proses Persalinan di Puskesmas Astambul Kabupaten.
Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan pada Bidan yang mengajar di kelas Ibu hamil dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan simulasi. Kemudian mempraktekkannya di kelas ibu hamil sebanyak 2 kali. Setelah itu mengukur pemahaman dan keterampilan Bidan.
Dihasilkannya peningkatan pemahaman dan keterampilan Bidan dalam pembelajaran kelas ibu hamil, terutama menggunakan metode discovery based learning (DBL) dan problem based learning (PBL).
Full Text:
UntitledReferences
Anam,Khairul & Norfai. (2017). Hubungan Pendidikan, Pengetahuan Dan Dukungan Suami Dengan ANC K4 Di Wilayah Kerja Puskesmas Berangas Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, Vol. 4 No. 3
Bobak, M.I, Lodermik, L.D., & Jensen, D.M. (2012). Buku ajar keperawatan maternitas. Alih bahasa Maria A.Wijayarini & Peter I.Anugerah. Jakarta: ECG.
Khaikin.R, Marcus.Y, Kelishek.S, & Balik.C (2016) The effect of childbirth preparation courses on anxiety and self-efficacy in coping with childbirth. Clinical Nursing Studies 2016, Vol. 4, No. 3. URL: http://dx.doi.org/10.5430/cns.v4n3p39
Kementerian Kesehatan RI. (2016). Buku Kesehatan Ibu dan Anak.
Lowe, N., Perrin,.A.N. & Tanglakmankhong.K. (2010). Childbirth self-efficacy inventory and childbirth attitudes questionnaire: psychometric properties of thai language versions. Journal of Advanced Nursing. Blackwell Publishing Ltd Potter, Perry, 2010. Fundamental Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Mahdalena (2018), Pengembangan Model Pembelajaran Kelas Ibu Hamil dalam Meningkatkan Kontrol Diri dan Efikasi Diri Menghadapi Persalinan, Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
Pillitteri,A. (2002).Perawatan kesehatan ibu dan anak. Jakarta.ECG.
Profil Kesehatan Kabupaten Banjar .(2016). Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar. Seksi Data dan Informasi Kesehatan.
Reeder, S.J.,Martin,L.L., & Griffin, D.K.(2002). Keperawatan Maternitas Vol.1 Alih bahasa Yati Afiyanti dkk. Jakarta: ECG
Ramie, A, (2017) Pengembangan modul ARCS pada pembelajaran kelas ibu hamil di wilayah Puskesmas Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
Refbacks
- There are currently no refbacks.