SOSIALISASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENYELENGGARAAN MAKANAN BANYAK (PMB) DI TEMPAT WISATA
Sari
Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu dalam Penyelenggaraan Makanan Banyak (PMB) merupakan tanggung jawab pengurus untuk memberikan pelayanan dalam memberikan makanan yang berkualitas khususnya bagi pengunjung di tempat wisata. Tujuan penelitian untuk menganalisis kualitas pelayanan produk atau makanan yang terbebas dari kerusakan pangan yang diberikan kepada konsumen dengan tingkat kepuasan dilihat dari persiapan makanan, produksi makanan, distribusi makanan, persepsi makanan oleh pengunjung tempat wisata dan menemukan permasalahan yang ditemukan di lapangan. Desain penelitian yang digunakan adalah eksploratori dengan menggunakan metode teknik kualitatif yaitu Focus Group Discussion (FGD), pengambilan informan menggunakan probability sampling dengan mengembangkan field customer survey untuk pengukuran kepuasan konsumen sebagai pengunjung tempat wisata dengan fasilitas Penyelenggaraan Makanan Banyak (PMB) dan dianalisis menggunakan Fact Analysis Model. Penelitian ini dilakukan pada Januari 2016-Desember 2017 dengan 20 informan di Yogyakarta dan Bali. Hasil penelitian kepuasan konsumen sebagai pengunjung tempat wisata yang mencicipi makanan di Yogyakarta menunjukkan kepuasan pada persiapan makanan, produksi makanan dan distribusi makanan dan tidak puas pada persepsi makanan sedangkan kepuasan konsumen sebagai pengunjung tempat wisata yang mencicipi makanan di Bali menunjukkan kepuasan pada persepsi makanan dan distribusi makanan, serta tidak puas pada produksi makanan dan persiapan makanan. Sedangkan temuan lapangan dari hasil FGD yang berkaitan dengan Total Quality Management (TQM) adalah tidak adanya laporan sanitasi, laporan keamanan makanan, informasi penyimpanan pangan dalam suhu (dingin atau beku), jadwal distribusi makanan, dan kartu saran.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Prosiding Seminar dan Diseminasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Riset
(p-ISBN: 978-602-51817-1-9)(e-ISBN: 978-602-51817-0-2)
Editor:
Sumarto, STP, MP, Endang Nurrochmi, S.Si.T, MKM, Dr. Hj. Atit Tajmiati, Am.Keb, S.Kep, Ners, M.Pd, Hj. Euis Sumarni, S.Kp, M.Kep, M Fiqih Sabilillah, S.ST, M.Kes, Ega Devianti, SKM
Reviewer:
Prof. Ir. Purwiyatno Hariyadi, M.Sc, Ph.D, Dr. Tetet Kartilah, S.Kp, M.Kes, Dr. H Iwan Somantri, S.Kp, M.Kep, Dr. drg. Emma Kamelia, M.Biomed, Dr. Meti Widiya Lestari, SST, M.Keb
Desain sampul dan Tata letak:
M Fiqih Sabilillah, S.ST, M.Kes, Fiqri Rohman, S.T
Penerbit:
Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
Alamat Redaksi:
Jl. Cilolohan No.35 Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat 46115
Tlp. 0265 – 340186 – 7035687, Fax 0265 – 338939
Email : pengabmas@poltekkestasikmalaya.ac.id
Prosiding Seminar dan Diseminasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Riset is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.