PENYULUHAN STUNTING KEPADA IBU BALITA DI DESA MAGEPANDA, KECAMATAN MAGEPANDA KABUPATEN SIKKA

Maria K. Ringgi Kuwa, Gabriel Mane, Elfirida Nona Ferni, Emirensiana Watu, Marianus Oktavianus Wega

Sari

Bentuk kegagalan pertumbuhan (growth faltering) disebabkan karena kurangnya nutrisi yang berlangsung dari usia pertama kehamilan sampai pada usia 2 tahun dikenal dengan istilah stunting. Stunting  yang  terjadi  pada  balita  dapat  berdampak  pada  pertumbuhan  dan  perkembangan  intelektual  anak.  Dampak  secara  tidak  langsung  tersebut dapat  berakibat  pada  penurunan  produktivitas,  peningkatan  risiko  penyakit  degenaratif,  peningkatan  kelahiran  bayi  dengan  berat  badan  lahir  rendah  di masa mendatang. Stunting juga menjadi masalah karena dapat meningkatkan risiko terjadinya kesakitan, kematian, melambatnya proses perkembangan motorik dan menghambat proses pertumbuhan mental penderita. Masyarakat Magepanda kurang mengutamakan makanan yang mengandung zat gizi, ibu balita cenderung memilih jajanan yang tidak sehat, dan hal penerapan pola hidup sehat yang belum dipahami, serta kurangnya pemahaman tentang stunting. Solusi yang dapat kami tawarkan untuk permasalahan tersebut dengan melaksanakan penyuluhan mengenai stunting dengan beberapa metode yaitu pelaksanaan penyuluhan di balai desa, penyuluhan kelompok terhadap ibu balita stunting dan ibu hamil, serta penyuluhan door to door.  Dilaksanakannya penyuluhan stunting dengan metode yang berbeda ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat desa Magepanda mengenai apa itu stunting, penyebab stunting, bahaya stunting untuk jangka panjang serta cara menanggulangi dampak dari stunting, pengolahan makanan bergizi bagi balita  sehingga dengan begitu dapat meminimalisir terjadinya stunting pada anak.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi

Beal T, Tumilowicz A, Sutrisna A, Izwardy D, Neufeld MLI. 2018. A Review Stunting Determinants In Indonesia. Wiley Maternal and Child Nutritition. 14 (4), 1-10.

Budge S, Parker HA, Hutchings TP, Garbutt C. 2019. Enviromental Enteric Lerory J, Frongila AE. 2019. Perspective What Does Stunting Really Mean? A Critical Review Of The Evidence. Advances In Nutrition. 10 (2), 196-204

Dysfuction And Child Stunting. Nutrition Reviews, 77 (4), 240-253

Teja M. 2019. Stunting Balita Indonesia dan Penanggulangannya. Bidang Kesejahteraan Sosial. 11(22)

WHO, 2018. Child Stunting Data Visualization Dashboard.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.