KELURAHAN TEMU SUKSES TOILET TRAINING PADA ANAK PAUD

Veronika Toru, Ester Radandima, Irene Febriany Mamo Kitu, Umbu Nggiku Njakatara

Sari

Latar Belakang: Kegiatan toilet training pada Anak Usia Dini (PAUD) disekolah maupun pada pelayanan kesehatan di wilayah Kelurahan Temu masih belum dilakukan secara khusus. Anak- anak merasa kesulitan dalam BAK dan BAB saat pelajaran berlangsung, bahkan ada anak yang sering ngompol di ruangan kelas karena mereka tidak mampu melakukan toilet training secara mandiri. Masalah ini yang menjadi masalah penting dan perlu dilakukan penangangan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan Pendidikan kesehatan dan pelatihan kepada orang tua,anak maupun guru. Tujuan: Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru, orang tua dan anak tentang pelaksanaan toilet training serta anak dapat mandiri dalam melakukan toilet training. Metode: Metode pelaksanaan yang digunakan terbagi atas tahap persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, pendampingan, serta monitoring dan evaluasi kegiatan. Hasil: Kegiatan berjalan dengan baik, dimana peserta terlihat antusias dengan materi yang diberikan dan memberikan pertanyaan-pertanyaan sesuai materi. Setelah kegiatan pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan redemontrasi terkait dengan pelaksanaan toilet training pada anak baik pada saat berada di rumah maupun saat berada di sekolah. Pada saat pendampingan pertama dan kedua yang dilakukan pada anak, anak terlihat mampu dalam melakukan toilet training. Pendampingan juga dilakukan pada orang tua dan guru sebagai orang terdekat bagi anak pada saat berada di rumah dan sekolah, hasilnya mereka mampu mendampingi dan melatih anak dalam melakukan toilet training.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arpa. 2010. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Kebiasaan Keluarga dengan Kemampuan Toilet Training Anak Toddler (1-3 Tahun) Di PAUD Mentari Kelurahan Dukuh Sutorejo Surabaya. Surabaya, FIK UM Surabaya

Casnuri. 2017. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Penggunaan Diapers Pada Anak Usia Dini Toddler di Posyandu Dusun Banjeng Maguwoharjo. Jakarta

Dorland, Newman.2000. Kamus Kedokteran Dorland. Edisi 29, Jakarta:EGC

Ford, Gina. (2008). Merawat dan Membesarkan Bayi 3 Tahun Pertama ( Abdul Qadir Shaleh). Yogyakarta: Garailmu

Gilbert,Jane. 2006 . Latihan toilet. Jakarta:Erlangga

Hidayat, A.A. 2005. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta, Salemba Medika

Istianah, dkk. 2014. Pengetahuan Ibu Meningkatkan Kemampuan “Toilet Training” Anak

Khoiruzzadi,M dan Fajriyah, (201. Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak

Nursalam, 2005. Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak. Jakarta : Salemba Medika

Probowati, R.W. 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun Terhadap Pengetahuan Ibu Di Desa Sambon Banyudono Boyolali

Pusparini, Winda & Arifah, Siti. (2010). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Toilet Training pada Anak Usia Toddler di Desa Kadokan Sukoharjo. (Vol. 3, No. 2). Juni 2010

Rahayuningsih, SI & Rizki Mula. 2012. Kesiapan Anak dan Keberhasilan Toilet Training di PAUD dan TK Bungong Seuleupoek Unsyiah Banda Aceh. Idea Nursing Journal Vol III No 3

Rahayu, DM & Firdaus. 2015. Hubungan Peran Orang Tua dengan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler di Paud Permata Bunda RW 01 Desa Jati Selatan 1 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol 8 No 1. Jakarta

Thompson,June.2006.Toddler Care Pedoman Merawat Balita. (Jonathan Novita, Penerjemah). Jakarta:Erlangga

Widiawati, dkk. 2020. Pelaksanaan Toilet Training Anak Usia Dini Islam Nibras Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai: Volume 4 No 1

Yasin, dkk. 2019. Dukungan Keluarga Tentang Toilet Training Dengan Keberhasilan Toileting Pada Anak Usia 1 - 6 Tahun Di Paud Al Hilal Kabupaten Sumenep

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.