IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKS UNDERWEAR RULES SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI TASIKMALAYA

Sofia Februanti

Sari


Anak merupakan investasi dan harapan masa depan bangsa. Namun masih banyak kejadian kekerasan seksual di Indonesia. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu meningkatkan pengetahuan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sukasirna dalam mencegah terjadinya kekerasan seksual. Target yang ingin dicapai adalah siswa- siswi mengerti program underwear rules untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual. Metode yang digunakan adalah dengan cara memberikan pendidikan seks pada siswa- siswi kelas 4, 5, 6; serta menonton video kiko and the hand. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 61 orang, kelas 4, 5, dan 6. Siswa diberikan soal pre test pada awal pertemuan dan post test pada akhir pertemuan sebagai evaluasi terhadap kegiatan yang dilakukan. Sarana dan prasarana yang digunakan proyektor, laptop, poster underwear rules. Hasil kegiatan implementasi pendidikan seks underwear rules sebagai upaya pencegahan kekerasan seksual di MI Sukasirna Tasikmalaya adalah terjadi peningkatan pengetahuan setelah kegiatan, dengan hasil rata- rata pre tes 63,9, dan rata- rata post test 91, sehingga rata-rata peningkatan pengetahuan sebanyak 27 poin

Kata Kunci


anak, underwear rules, pencegahan, kekerasan seksual

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, Z. Z. D., & Nahdliyah, A. (2018). Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi Sejak Dini. Loyalitas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I(2), 126–148.

Budiyono, A., Ramadani, S. D., & Mahrosi. (2018). PENINGKATAN KESADARAN DIRI MENGHADAPI RESIKO. In seminar nasional hasil pengabdian kepada masyarakat (SENIAS) 2018 (pp. 245–248). Madura: Universitas Islam Madura.

Carson, D. K., Foster, J. M., & Chowdhury, A. (2014). Sexual Abuse of Children and Youth in India An Anthropological Perspective. The Oriental Anthropologist, 14, no 2(January), 149–170.

Felicia, J. P., & Pandia, W. S. S. (2017). Persepsi Guru TKI terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia Dini berdasarkan Health- Belief Model. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 71–82.

Florentin, V., & Hantoro, J. (2018, December 27). KPAI: Guru Jadi Pelaku Kekerasan Seksual Terbanyak di Sekolah. Tempo.co. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/1159418/kpai-guru-jadi-pelaku-kekerasan-seksual-terbanyak-di-sekolah

Hu, M.-H., Huang, G.-S., Huang, J.-L., Wu, C.-T., Chao, A.-S., Lo, F.-S., & Wu, H.-P. (2018). Clinical characteristic and risk factors of recurrent sexual abuse and delayed reported sexual abuse in childhood. Medicine (Baltimore), 97(14).

Kalele, R. D. (2019). Efektivitas Program Underwear Rule Untuk Meningkatkan Pengetahuan Orangtua (Ibu) Mengenai Bahaya Kekerasan Seksual pada Anak. UIN Suska Riau.

Kartilah, T., Februanti, S., Sakti, B., & Hidayat, U. A. (2018). The Role of Community Health Centres (PUSKESMAS) in the implementation of sexual violence for school age children in elementary school. JMCRH, 1(2), 341–350.

Kemenkes, & Unicef. (2007). Pedoman rujukan kasus kekerasan terhadap Anak Bagi Petugas Kesehatan. Jakarta: unicef.

KPAD Kota Tasikmalaya. (2018). DATA KASUS KOMISI PERLINDUNGAN ANAK DAERAH KOTA TASIKMALAYA. Tasikmalaya.

Maharani, L. N., & Sanyata, S. (2019). Media for sex education in elementary school : Which one is better. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2), 73–80.

Nurbaya, S., & Qasim, M. (2018). Penerapan pendidikan seks (underwear rules) terhadap pencegahan kekerasan seksual pada anak dan orang tua di SD negeri 52 Welonge kabupaten Soppeng. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makasar, XIII(2), 19–27.

Osofsky, J. D., & Groves, B. M. (2018). Violence and Trauma in the Lives of Children. Boston: ABC-CLIO.

Persada, A. G., & Ayuningtyas, N. P. D. (2015). Pencegahan Pelecehan dan kekerasa Seksual Pada Anak-Anak Di SDN Gejayan. Jurnal INovasi Dan Kewirausahaan, 4(3), 211–214. https://doi.org/2089-3086

Ramadani, S. D., & Budiyono, A. (2018). PENINGKATAN PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI DALAM BINGKAI ISLAM BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA PALALANG KECAMATAN PAKONG, PAMEKASAN. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENIAS) (pp. 261–266). Madura: Universitas Islam Madura.

Wijhati, E. R., & Suharni. (2018). Pelatihan Pendidikan Seks Anak Usia Dini pada Kader ‘ Aisyiyah Ranting Pandeyan Kecamatan Umbulharjo. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 82–87.




DOI: https://doi.org/10.37160/emass.v2i1.469

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera (EMaSS) (ISSN online : 2656-0364 ), is published by :
Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
Jln. Cilolohan No. 35, Kel.Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat 46115, Indonesia,
Telp.(0265) 340186 Fax.(0265) 338939


Public Services :
Email : e-jurnal.pengabmas@poltekkestasikmalaya.ac.id & pengabmas@poltekkestasikmalaya.ac.id


Creative Commons License

Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera (EMaSS) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor :
Flag Counter