IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KESEHATAN ANAK SEKOLAH DI WILAYAH KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2018

Imas Masturoh, Heri Djamiatul Maulana, Dewi Lena Suryani

Sari

Pencatatan perkembangan kesehatan sangat penting untuk kesinambungan data riwayat medis individu dan mutlak dibutuhkan oleh setiap orang demi mengendalikan derajat kesakitan. Hal tersebut perlu ditunjang dengan ketersediaan data kesehatan pasien agar pelayanan utuh dan menyeluruh serta berkesinambungan pada berbagai tingkatan usia termasuk pada anak usia sekolah. Untuk mengoptimalkan pencatatan kesehatan pada anak sekolah dalam pengelolaan data penjaringan kesehatan maka dilakukan implementasi aplikasi SIKAS di sekolah dan puskesmas sebagai pelaksana pengelola usaha kesehatan sekolah (UKS). Metode yang digunakan berupa pendampingan teknis untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam implementasi aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Anak Sekolah kepada 8 guru UKS SD sekolah sehat dan 8 pengelola UKS Puskesmas se-Kota Tasikmalaya dengan sasaran pencatatan adalah siswa kelas 1 dari 8 SD percontohan sekolah sehat di kota Tasikmalaya. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa aplikasi dapat digunakan dengan mudah namun diperlukan kesiapan sumber daya yang dapat fokus dalam melakukan input data. Masih terdapat kelemahan dalam laporan hasil pencatatan penjaringan yaitu belum dapat dilakukan secara online sehingga hasilnya tidak dapat langsung diketahui oleh pemangku kebijakan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Nurlita, L. Personal Health Record. http://www.kompasiana.com/litanurlita/sistem-pencatatan-elektronik-kesehatan-individu-personal-health-record-dalam-program-imunisasi-pada-anak 54f6d068a33311c65c8b4946. Diakses pada tanggal 18 Juni; 2015.

Undang Undang Tentang Pokok Kesehatan No.9 tahun 1960 pasal 3 ayat (1). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/sehat/UU-9-1960PokokKesehatan.pdf Diakses pada tanggal 18 Juni; 2015.

Kemenkes RI. Petunjuk Teknis Penjaringan Kesehatan dan Pemeriksaan Berkala Di Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Bina Gizi dan KIA; 2015.

Kemenkes RI. Rapor Kesehatanku Buku Informasi Kesehatan Peserta Didik Tingkat SD/MI. Jakarta: Dirjen Bina Gizi dan KIA; 2015.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.