PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI UNTUK EDUKASI PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS SUNYARAGI KOTA CIREBON

Mustara Mustara, Suhartini Suhartini, Retno Hidayati

Sari

Salah satu kriteria penilaian akreditasi puskesmas adalah tersedianya informasi tentang alur prosedur pelayanan saat pasien mendaftar di loket pendaftaran. Kejelasan informasi yang diterima pasien akan memberikan rasa puas terhadap pasien. Kesan pertama di loket pendaftaran akan membentuk persepsi pasien terhadap keseluruhan pelayanan di puskesmas. Tujuan kegiatan ini menyediakan media informasi untuk edukasi pasien saat mendaftar tentang alur dan prosedur pelayanan di loket pendaftaran. Metode yang lakukan adalah advokasi ke puskesmas, identifikasi dan analisis kebutuhan media informasi, perencangan media informasi, ujicoba media, sosialisasi, dan evaluasi. Hasil yang diperoleh tersedianya media informasi dalam bentuk animasi, leaflet, dan banner tentang alur prosedur pelayanan di puskesmas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Kementerian Kesehatan RI, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. Jakarta: Kemenkes RI, 2015.

Rizanda Machmud, "Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan," Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, pp. 186 - 190, 2008.

M Hisyam Hermawan and Nuri Kartini, "Analisa Kepuasan Pelayanan Kesehatan Dengan Pendekatan Importance Performance Analysis Dan Potential Gain In Customer Value’s," Jurnal Improvement, pp. 31 - 39, 2016.

Rudi Susilana and C Riyana, Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian.: Wacana Prima, 2008.

Sapto Haryoko, "Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran," Jurnal Edukasi Elektro Vol. 5 No. 1, pp. 1 - 10, 2009.

Depkes RI, Pedoman Penyelenggaraan Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta: Depkes RI, 2006.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.