IMPLEMENTASI PAKET ONE HUSBAND ONE CLIENT UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN IBU HAMIL MENGKONSUMSI TABLET FE DI PRAKTIK MANDIRI BIDAN FITRIANI

Fidyah Aminin, Dewi Mey Lestanti Mukodri

Sari

Anemia merupakan salah satu masalah gizi makro terbesar dan tersulit diatasi yang banyak terjadi pada ibu hamil di seluruh dunia.  Mengingat dampaknya yang membahayakan maka perlu pencegahan dengan memberikan tablet zat besi pada ibu hamil. Peran dan fungsi keluarga sangat penting dalam memberikan motivasi, memantau kesehatan dan mengigatkan dalam mengkonsumsi obat. Oleh karena itu perlu dilakukan pendampingan dan pengawasan minum tablet Fe oleh suami terhadap ibu hamil yang sedang mengkonsumsi tablet Fe. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan suami ibu hamil mengenai anemia dan pencegahan anemia, meningkatkan pendampingan suami terhadap ibu hamil yang mengkonsumsi tablet Fe dan meningkatkan kepatuhan ibu hamil mengonsumsi tablet Fe. Sasaran kegiatan adalah ibu hamil dan suami ibu hamil. Metode yang digunakan pada kegiatan ini berupa pendampingan dan pendidikan kesehatan menggunakan media leaflet. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu Praktik Mandiri Bidan yang ada di wilayah Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau yaitu Bidan Fitriani, SST dan dilakukan oleh 2 orang tenaga kesehatan bidan yang dibantu oleh mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arisman. (2010). Buku Ajar Ilmu Gizi Jilid 2; Gizi dalam Dasar Kehidupan. Jakarta: Jakarta

Astuti. Dwi. (2014). Faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Undaan Lor Kabupaten Kudus.University Research Collegium.123-128

Gibney, Michael J, Barrie M. Margetts, John M. Kearney, Lenore Arab. (2013). Gizi Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Julianti.ED, Permanasari.Y, Aditianti. (2015). Pendampingan minum tablet tambah darah (TTD) dapat meningkatkan kepatuhan konsumsi TTD pada ibu hamil anemia. Jurnal Penelitian Gizi dan Makanan. 38(1).71-78.

Kemenkes RI.(2015). Profil Kesehatan Indonesia.Jakarta : Kemenkes RI.

Kozier. Erb, Berman. Snyder. (2010). Buku Ajar Fondamental Keperawatan: Konsep, Proses & Praktik, Volume: 1, Edisi : 7, Jakarta : EGC.

Misaroh, Siti Ibrahim. (2011). Nutrisi janin dan ibu hamil. Yogyakarta : Nuha Medika

Morisky, et all. (2007). Predeictive Validity of a Medication Adherence Measure in an Outpatient Setting. The Jounal of Clinical Hypertantion. 10 (5).348-354.

Neherta.M, Nelwati, Maisa.EA. (2010). Hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan konsumsi tablet Fe pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Nanggalo Kecamatan Nanggalo. Jurnal Keperawatan. 7 (2). 170-175.

Ningrum, (2009). Pemberian Tablet Fe Pada Ibu Hamil Untuk Mencegah Anemia. (http :///www.pemberian tablet fe pada ibu hamil untuk mencegah anemia.htm) diakses pada tanggal 24 Maret 2012.

Proverawati,Kusumawati. (2009). Buku Ajar Gizi untuk Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika

Proverawati, Atikah.(2013). Anemia dan anemia kehamilan.Yogyakarta : Nuha Medika

Prawirohardjo, Sarwono. (2008). Ilmu Kebidanan. Jakarta: YBSP

Pusdatin Kemenkes RI.(2016). Situasi Gizi di Indonesia. Jakarta: Pusdatin Kemenkes RI

Tarwoto. (2007). Buku Saku Anemia pada Ibu Hamil, Konsep dan penatalaksanaan. Jakarta: Trans Info Media

Waryana, (2010). Gizi Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Rihama

Wiknjosastro, (2005). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.