PERSIAPAN SPIRITUAL SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI PERSALINAN YANG NYAMANDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAMITRAN KOTA CIREBON 2018

Endang Nurrochmi, Neli Nurlina, Rinela Padmawati

Sari

Proses persalinan seolah-olah menjadi peristiwa medis, sehingga para perempuan tanpa pemahaman yang cukup cenderung menyerahkan tubuhnya pada pihak yang dianggap lebih tahu Doa atau afirmasi positif memang sangat dipercaya dapat menghalau energi-energi negatif, membebaskan rasa takut, serta menciptakan harmoni berupa pikiran dan perasaan yang positif. Juga akan membantu bayi lahir dalam suasana yang tenang dan nyaman. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah memberikan materi kepada ibu hamil trimester akhir tentang persiapan fisik dan mental melalui afirmasi dan doa (khusus untuk penganut agama Islam) berikan selama 3 kali di PONED Pamitran. Kemudian ibu hamil diberikan buku panduan untuk dibaca dan berlatih doa dan afirmasi. Kemudian dievaluasi setelah ibu melahirkan dengan wawancara untuk mengungkapakan pengalaman selama proses persalinan. Hasil terdapat peningkatan tingkat pengetahuan tentang kehamilan, persalinan, persiapan menghadapi persalinan dan persiapan spiritual menghadapi persalinan, skala distress  ibu hamil berada pada tingkat stress ringan dan mengalami penurunan setelah diberikan relaksasi hypnobirthing dan melakukan doa dan afirmasi untuk kelancaran proses persalinan. Kesimpulan  persiapan menghadapi persalin sebaiknya tidak hanya fisik saja tetapi kesiapan mental dan spiritual sangat penting untuk dipersiapkan untuk menghadapi proses persalinan yang tidak dapat diprediksi prosesnya. Semua fasilitas kesehatan dapat menambah materi kelas ibu dengan persiapan spiritual dan pendamping persalinan sebagai upaya memperoleh pengalaman melahirkan yang menyenangkan dan minim trauma.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Aprilia Y, 2014, Gentle Birth Balance, Penerbit CV Andi Offsett, Yogyakarta.

_______, 2010, Hipnostetri, Rileks Nyaman dan Aman Saat Hamil dan Melahirkan, GagasMedia, Jakarta.

Davis E, Bonaro, 2010, Orgasmic Birth, Your Guide To A Safe, Satisfying, And Pleasureable Birth Experience, Rodale, NY 10017.

Mongan MF, 2005, Hypnobirting, The Mongan Methode, Metode melahirkan secara aman, mudah dan nyaman.

Simkin P, 2013, The Birth Partner, A Complete Duide to Childbirth for Dads, Doulas And Other Labor Companions, Fourth Edition, Massachusetts, Harvard Common Press.

Henderson & Jones,2001, Buku Ajar: Konsep Kebidanan, EGC, Mosby.

Kuswandi L, 2013, Hypnobirthing, A Gentle Way to Give Birth, Pustaka Bunda

Manuaba, I.B.G, et all, 2010, Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB, Edisi II. EGC, Jakarta.

Tornetta G, 2008, Painless Chilbirth, An Empowering Journey Through Pregnancy and Birth, Cumberland House.

Wiknjosastro, 1999, Ilmu Kebidanan, Edisi Ke-3 cetakan ke-5, Jakarta, YBPSP.

Yazid, 2016, Doa dan Wirid, Cetakan ke-32, Pustakan Imam Asy-Syafii

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.